Cara Salai Ikan Keli Yang Mudah

Cara salai ikan keli mungkin untuk sebagian orang dianggap sebagai salah satu cara membuat ikan asap yang cukup rumit prosesnya mengingat keterbatasan alat pengasapan yang tidak semua orang memilikinya. Tetapi, Anda dapat mencoba membuat sendiri ikan asap berbahan dasar ikan lele atau juga disebut ikan keli. Karena saat ini banyak sekali masyarakat yang tertarik mengembangkan usaha budi daya ikan keli yang tentunya jika hanya diolah secara monoton juga akan membuat bosan. Salah satu bentuk olahan yang dapat digunakan adalah dengan membuat salai ikan keli. 


Salai ikan keli mungkin merupakan salah satu bentuk olahan dari ikan lele atau ikan keli yang mungkin dapat Anda coba membuat sendiri di rumah, mengingat saat ini untuk proses pembuatan ikan asap berbahan dasar ikan keli masih cukup sedikit. Padahal jika ingin belajar cara salai ikan keli tentunya dapat dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan dan juga alat yang sederhana. Karena dengan menggunakan bahan dan alat yang ada tentunya diharapkan ketika sudah cukup sukses dapat membeli alat khusus untuk melakukan pengasapan. 

Langkah Mudah Cara Salai Ikan Keli

  • Cara salai ikan keli mungkin dirasa cukup rumit. Tetapi, ada cara mudah membuat ikan asap berbahan dasar ikan keli ini. Berikut ini akan dijelaskan cara membuat salai ikan keli yang mudah:
  • Bersihkan ikan keli segar dengan berat dan ukuran yang cukup besar agar ketika proses pengasapan tidak terlalu kecil. Jika sudah belah menjadi dua dan bersihkan bagian perutnya. Pastikan selalu di cuci dengan bersih dan tiriskan.
  • Membuat larutan garam yang menggunakan persentase 20% hingga 25%. Rendam ikan keli atau ikan lele di dalam larutan garam tersebut selama 30 hingga 60 menit. Jangan lupa memberikan pemberat diatas ikan agar tidak mengapung. Jika sudah, cuci ikan dan tiriskan kembali sembari diangin-anginkan sampai ikan terlihat kering. Jika perlu, dapat dilakukan penirisan dengan cara menggantung ikan di kawat.
  • Cara salai ikan keli selanjutnya adalah mengatur ikan diatas rak yang digunakan untuk mesin pengasapan. Dan lakukan proses pengasapan hingga ikan menjadi matang dan berubah warnanya. Keluarkan dan biarkan hingga menjadi dingin.
  • Proses membuat ikan keli asap belum selesai. Untuk pengemasan dapat dilakukan dengan pengemas vakum yang berfungsi untuk mengeluarkan udara dari dalam kemasan agar tidak muncul bakteri. Ikan keli asap siap diolah menjadi masakan istimewa untuk keluarga.
Cara salai ikan keli diatas merupakan salah satu cara membuat ikan keli atau ikan lele dengan teknik pengasapan yang tentunya akan membuat ikan keli menjadi lebih awet ketika dilakukan penyimpanan. Dan juga dengan menggunakan ikan salai akan membuat menu masakan juga akan semakin bervariasi sehingga tidak monoton. Tetapi disarankan agar ketika memilih ikan keli sebaiknya berukuran besar karena ikan keli akan mengalami penyusutan dalam proses pengasapan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel