Peluang dan Resep Ikan Lele Asap

Ikan lele adalah jenis ikan yang sangat disukai oleh orang-orang karena rasanya yang lezat. Ikan yang hidup di air tawar ini selain rasanya enak tetapi juga menjadi sumber protein hewani yang cukup baik. Salah satu daya tarik ikan lele yang lain yaitu mudah untuk diolah, ikan ini memang bisa diolah dengan berbagai cara mulai dari digoreng, dibakar, hingga diasapi. Dari berbagai teknik pengolahan ikan lele tersebut, cara pengolahan yang cukup asing yaitu diasapi. Ikan lele asap belum banyak dijual orang, sehingga ini bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan.
Ikan Lele Asap
Lihat Juga : Cara Membuat Ikan Asap
Jika Anda pergi ke warung makan dan mencari menu olahan ikan lele, tentu Anda akan kesulitan mencari ikan lele yang dimasak dengan cara diasapi. Padahal lele asap memiliki rasa yang lebih nikmat daripada olahan dengan cara yang biasa. Berbisnis ikan lele asap jika Anda cukup serius dalam menjalaninya akan menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan, hal itu karena harga ikan lele cukup murah. Jika ikan tersebut diolah dengan cara diasapi harga jualnya bisa naik sehingga bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

Cara Membuat Ikan Lele Asap

Setelah Anda tertarik untuk berbisnis ikan lele asap, hal selanjutnya yang perlu Anda tahu adalah cara pembuatannya. Di dalam proses pembuatannya, ada beberapa bahan yang perlu Anda siapkan. Berikut resep ikan lele asap.
  • Siapkan Ikan lele segar setengah kilo, kemudian belah dua lalu buang isi perutnya dan cuci bersih.
  • Siapkan larutan garam 25%, kemudian rendam ikan lele dalam larutan tersebut sebentar saja sambil diberi pemberat agar ikan tidak mengapung.
  • Setelah satu jam, cuci ikannya lalu angin-anginkan dengan cara digantung terbalik menggunakan kawat sampai ikan kelihatan kering.
  • Masukkan ikan dalam mesin pengasap, dan asapi sampai warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan dan mengkilap, setelah itu keluarkan ikan dari dalam rak.
  • Dinginkan ikan lele yang sudah matang, dan setelah itu baru dikemas dengan mesin vakum agar tidak ada udara yang dapat menjadi perantara bakteri di dalam kemasan.
  • Ikan lele asap siap untuk didistribusikan.
Dalam menjalankan bisnis ini, Anda mungkin Anda menemukan beberapa kendala, misalnya penolakan dari konsumen. Banyak orang yang beranggapan bahwa ikan asap penyebab kanker, sehingga ini akan menjadi kendala tersendiri bagi kelangsungan usaha Anda. Jangan pernah menyerah dan berkecil hati ketika Anda menerima penolakan saat memasarkan ikan lele asap yang Anda produksi. Teruslah tawarkan pada konsumen sambil Anda mencoba menjual produk Anda secara online untuk meningkatkan jangkauan pemasaran. Demikianlah sedikit informasi mengenai peluang dan resep membuat ikan lele yang diasapi, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel