Tips Mengolah Ikan Asap Pe Agar Tidak Bau

Mengolah ikan asap pe sebenarnya sangatlah mudah. Hal ini dikarenakan ikan asap pe atau ikan asap yang terbuat dari ikan pe atau ikan pari sangat mudah untuk dimasak dengan berbagai bumbu. Namun sayangnya, olahan ikan asap pe atau ikan asap pari sering menimbulkan bau pesing atau bau yang kurang sedap. Bau ini bisa merusak cita rasa dari masakan yang akan Anda olah. Oleh karena itu, ikan asap pe harus diolah terlebih dahulu untuk menghilangkan baunya. Sehingga hasil masakan ikan asap pe ini tetap enak dan tidak berbau pesing.

Tips Mengolah Ikan Asap Pe Agar Tidak Bau
Baca Juga : Pembuatan Ikan asap

Cara Menghilangkan Bau Sebelum Mengolah Ikan Asap Pe

Menu olahan ikan asap pe atau ikan asap pari memang sangat beragam, namun hanya ada 5 cara untuk menghilangkan bau dari ikan asap ini. Nah, berikut ini 5 cara menghilangkan bau ikan asap pe:
  • Dicuci dengan air hangat
Sebelum mengolah ikan asap pe sebaiknya ikan dicuci terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Pencucian ikan dengan menggunakan air hangat ini bisa menghilangkan bau dari ikan pe yang pesing. Usahakan ketika mencuci ikan pe gunakanlah air hangat yang mengalir agar kotoran dan baunya tidak kembali lagi.
  • Direndam dengan jeruk nipis
Cara lainnya untuk menghilangkan bau pesing dari ikan pe yaitu dengan merendam ikan pe dengan menggunakan air perasan jeruk nipis. Setelah ikan pe dibersihkan atau dicuci segeralah lumuri dengan menggunakan air jeruk nipis secukupnya lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu cuci bersih dan ikan asap pe siap untuk diolah.
  • Dimasak dengan banyak rempah
Menghilangkan bau pesing sebelum mengolah ikan asap pe juga bisa dilakukan dengan cara memasak ikan pe dengan menggunakan banyak rempah-rempah. Banyaknya rempah-rempah yang digunakan dalam bumbu ikan asap pe bisa menghilangkan bau pesing pada ikan.
  • Dikukus terlebih dahulu
Pengukusan juga bisa dilakukan untuk menghilangkan bau pesing pada ikan pe. Anda bisa mengukus selama 15 menit ikan pe sebelum diolah. Usahakan dalam pengukusan air kukusan tidak jatuh kembali ke ikan. Hal ini dikarenakan, jika air kukusan jatuh kembali maka bau pesingnya tidak akan hilang.
  • Dipresto dengan panci presto
Mengolah ikan asap pe agar tidak bau juga bisa dengan cara mempresto ikan pe sebelum dimasak. Ikan pe yang dimasak dengan cara dipresto baunya akan hilang dengan sempurna. Selain itu, hasil olahan dari daging ikan pe ini juga lebih lunak dan lembut.
Anda bisa memilih salah satu cara diatas untuk menghilangkan bau ikan Pe sebelum diolah. Cara mengolah ikan asap pe ini selain mudah juga mengandung nilai gizi yang cukup tinggi. Kandungan gizi yang ada didalam ikan pari atau ikan pe ini salah satunya yaitu omega 6 dan omega 3. Kedua zat gizi ini sangat baik untuk kesehatan otak dan jantung. Olahan menu masakan ikan asap ini bisa Anda kreasikan sendiri sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Anda juga bisa memadukan ikan asap pe ini dengan berbagai bumbu dan sayuran agar cita rasanya lebih enak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel