Langkah Mudah Membuat Ikan Asap Bumbu Iris

Ikan asap bumbu iris mungkin salah satu variasi makanan untuk Anda ataupun keluarga Anda yang kurang menyukai makanan berbahan santan yang dipadukan dengan ikan asap. Bumbu iris di sini bermaksud sebagai salah satu bumbu yang digunakan ini tidaklah dimemarkan seperti membuat gulai atau bumbu kuning lainnya yang biasa digunakan untuk olahan ikan asap. Penggunaan bumbu iris ini bermaksud sebagai salah satu bumbu yang digunakan untuk menumis sayuran sehingga memang bentuk dari bahan yang digunakan juga memiliki tampilan yang berwarna juga sehingga cocok dipadukan dengan ikan asap.

Ikan Asap Bumbu Iris
Baca Juga : Jual Ikan Asap
Sebenarnya cara membuat ikan asap bumbu iris ini terbilang sangatlah mudah mengingat bahan-bahan yang digunakan tidak jauh berbeda dengan bahan yang digunakan untuk menumis sayuran. Selain bahan yang digunakan ini terbilang cukup mudah didapatkan, cara membuat menu yang satu ini juga dapat dikatakan sebagai salah satu menu olahan ikan asap yang cukup praktis dan mudah dalam pembuatannya. Tidak mengherankan jika proses pengolahan ikan asap ini sering dilakukan dengan cara menggunakan resep ikan asap bumbu iris karena sangat praktis dan menghemat waktu memasak.

Ikan asap bumbu iris mungkin akan terlihat seperti olahan ikan segar lainnya yang menggunakan bumbu iris yang serupa. Tetapi jika menggunakan ikan asap tentunya akan memiliki cita rasa yang berbeda mengingat ikan asap mengandung kadar garam yang cukup banyak karena proses perendaman pada tahap sebelum pengasapan. 

Namun, justru itu yang membuat cita rasa dari ikan asap ini akan terasa lebih gurih ketika dipadukan dengan bumbu iris yang digunakan untuk menu variasi olahan ikan asap tersebut. Hal ini dikarenakan jika ikan asap ini tidak dapat diberikan bumbu yang sembarang karena akan mempengaruhi cita rasanya.

Cara Membuat Ikan Asap Bumbu Iris

Bagaimana cara membuat ikan asap bumbu iris? Mungkin pertanyaan tersebut terlintas di pikiran Anda. Berikut ini adalah bahan dan tahap membuat ikan asap bumbu iris: 

Bahan 1:
  • 300 gram ikan asap yang sudah digoreng dan diambil dagingnya. Selanjutnya adalah cincang kasar.
  • Minyak goreng secukupnya
Bahan 2:
  • 10 buah bawang merah yang sudah diiris
  • 10 buah cabai rawit merah yang juga sudah diiris
  • 2 buah tomat yang sudah dipotong dadu dan ambil dagingnya
  • 3 lembar daun jeruk yang juga diiris
  • 1 genggam daun kemangi yang diiris halus
  • 3 batang serai yang diambil tangkainya dan iris halus
  • 3 buah jeruk lemon cui yang diambil airnya
  • 1 sendok teh garam
Cara membuatnya:
  • Berbeda dengan ikan asap bumbu cabai hijau yang menggunakan cabai hijau sebagai bahan utama, ikan asap bumbu iris ini cenderung menggunakan cabai merah sebagai salah satu bahan pelengkapnya.
  • Langkah pertama adalah menumis bumbu 2 yang sudah disiapkan sebelumnya. Pastikan semua bahan 2 tercampur dengan rata. Baru tambahkan minyak goreng hingga benar-benar panas dan selanjutnya adalah dengan mengaduk hingga rata kembali.
Tahapan terakhir adalah memasukkan ikan asap yang sudah digoreng sebelumnya ke dalam tumisan bumbu iris tersebut. Aduk kembali dan selanjutnya dapat langsung disajikan. 

Ikan asap bumbu iris merupakan salah satu menu andalan yang dapat coba dipraktekkan bersama dengan keluarga jika sudah cukup bosan dengan olahan menu ikan asap yang sering dipraktekkan yaitu gulai. Mungkin dengan menggunakan olahan ikan asap bumbu iris ini akan dapat memperkaya pengetahuan Anda dan juga keluarga dalam membuat olahan menggunakan ikan asap lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel