Peluang Bisnis Ikan Asap di Indonesia

Bisnis ikan asap merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Salah satu penyebabnya yaitu ikan asap yang banyak digemari dikalangan masyarakat Indonesia. Olahan ikan yang diasap ini memang mempunyai cita rasa yang khas dan berbeda dengan olahan ikan pada umumnya. Selain itu, harga ikan asap sendiri juga tergolong murah sehingga sangat pas dikalangan masyarakat Indonesia yang ekonominya masih menengah kebawah. Walaupun murah, namun gizi dalam ikan asap masih terjaga dengan baik. Teknik pengasapan dalam olahan ikan asap ini tetap menjaga kandungan gizi didalamnya.

Bisnis Ikan Asap
Baca Juga : Jual Ikan salai

Cara Memulai Bisnis Ikan Asap

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan bisnis ikan asap ini tidak perlu khawatir, hal ini dikarenakan dalam memulai bisnis ini tidak perlu modal yang cukup besar. Apalagi pasokan ikan di Indonesia cukup banyak dan mudah didapatkan. Hal ini tentunya menjadi salah satu keuntungan tersendiri bagi Anda yang ingin melakukan bisnis pengolahan ikan asap. Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal, diantaranya yaitu:

Ikan yang akan diolah

Persiapan pertama yang harus dilakukan ketika akan memulai bisnis ikan asap adalah memilih ikan yang akan diolah. Sebenarnya, semua jenis ikan bisa diolah menjadi ikan asap. Namun tidak semua jenis ikan menghasilkan rasa yang enak ketika diasapi. Beberapa ikan yang biasa digunakan untuk diolah menjadi ikan asap adalah ikan patin, ikan pari, ikan cakalang, dan ikan cucut atau ikan hiu. Untuk membuat ikan asap, pastikan jika ikan yang akan diolah masih segar dan tidak pakai pengawet. (Pemesanan Ikan Asap dan harga ikan salai bisa anda peroleh melalui sms / WA di 0813-7305-6600 (Ismail - Palembang)).

Tempat pengasapan ikan Salai

Selain ikan yang akan diolah, untuk memulai bisnis ikan asap ini Anda juga perlu menyiapkan tempat untuk mengasapi ikan. Tempat untuk pengasapan ikan ini dibuat didalam ruangan dengan rak bambu dan mesin atau alat untuk mengasapi ikan. Anda bisa memilih cara mengasapi ikan dengan menggunakan mesin ataupun secara tradisional. Kedua cara pengasapan ini tentu saja mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Target pemasaran
Hal terakhir yang perlu disiapkan untuk memulai bisnis pengasapan ikan adalah target pemasaran. Pemasaran ikan asap memang tidaklah sulit, Anda bisa menjualnya di pasar ataupun dengan membuka warung atau toko sendiri yang khusus menjual ikan asap olahan Anda. Untuk pemula, Anda bisa menjual ikan asap yang Anda olah di pasar ataupun dengan menjualnya ke restoran yang menyajikan berbagai olahan ikan asap.

Persiapan yang dilakukan untuk memulai bisnis ikan asap ini memang tidak sulit. Hal ini dikarenakan bisnis ini termasuk bisnis yang sederhana dan tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Untuk Anda yang baru akan membuka bisnis ini tidak ada salahnya jika memulainya dengan modal yang kecil. Memulai berbisnis bukan masalah besar kecilnya modal, yang diperlukan dalam berbisnis adalah ketekunan dan kegigihan dalam mengembangkan usaha yang sedang digeluti.
Previous Post
Next Post