Membuat Mesin Ikan Asap Tradisional Modern Untuk Pengusaha Pemula

Mesin ikan asap merupakan salah satu alat yang wajib dimiliki oleh para pengusaha ikan asap. Pengawetan dengan cara pengasapan ini sudah ada sejak zaman penjajahan. Dulu para nelayan melakukan pengasapan dengan cara tradisional sehingga membutuhkan waktu yang lama. Namun sekarang ini sudah tersedia alat khusus untuk melakukan pengasapan yaitu dengan menggunakan mesin pengasapan. Mesin pengasapan ikan ini sudah banyak dijual, namun bagi Anda yang baru memulai usaha pengasapan ikan ini bisa membuatnya sendiri secara tradisional untuk menekan biaya operasional pengasapan.
Mesin Ikan Asap
Baca Juga : Membuat Ikan Asap

Cara Membuat Mesin Ikan Asap Tradisional dan Modern

Bagi Anda yang ingin membuat mesin ikan asap sendiri bisa memadukan antara model mesin tradisional dan modern. Perbedaan mesin pengasapan ikan tradisional dan modern ini hanya pada bahan yang digunakan dalam pembuatan serta bahan utama dalam melakukan pembakaran. Mesin pengasapan ikan atau oven pengasapan ikan yang tradisional dibuat dengan menggunakan perpaduan kayu dan seng, sedangkan mesin pengasapan ikan yang modern bahan utama dalam pembuatannya adalah besi dan seng. Biasanya mesin pengasapan modern ini diproduksi oleh pabrik-pabrik besar, sedangkan untuk mesin pengasapan tradisional bisa Anda buat sendiri.

Cara membuat oven pengasapan ikan yang tradisional sangatlah sederhana. Bahan yang diperlukan dalam pembuatan mesin ini adalah drum bekas, seng, dan kayu. Sedangkan langkah dalam pembuatan mesin ikan asap tradisional semi modern yaitu:
  • Langkah pertama dalam membuat mesin pengasapan ikan yaitu membuat rumah asap dari perpaduan kayu dan seng. Ukuran dari rumah asap ini yaitu memiliki tinggi 200 cm, lebar 100 cm, dan panjang 120 cm. Dalam rumah asap ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu rak, penutup, dan dapur pengasapan.
  • Kemudian pada bagian dapur dibuat dengan menggunakan bingkai kayu dengan tinggi 75 cm.
  • Setelah bagian dapur selesai, buatlah rak untuk pengasapan dengan menggunakan kayu atau rotan. Kemudian tutup dengan menggunakan seng yang sudah disediakan pada bagian samping dan atas rumah asap.
  • Setelah rumah pengasapan sudah jadi, maka langkah selanjutnya yaitu membuat alat untuk pembakarannya. Gunakanlah drum untuk membuat alat pembakaran dalam mesin ikan asap tradisional semi modern ini. Cara membuatnya yaitu dengan membelah drum menjadi dua kemudian diletakkan secara horizontal pada bagian dapur pengasapan.
  • Jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu drum yang digunakan agar tidak berbau oli atau minyak. 
  • Pemesanan Ikan Asap dan harga ikan salai bisa anda peroleh melalui sms / WA di 0813-7305-6600 (Ismail - Palembang).
Baca Juga : Jual Ikan Salai Palembang

Jika Anda mempunyai modal yang cukup besar dan ingin menghasilkan ikan asap yang lebih banyak dalam waktu yang singkat maka disarankan untuk menggunakan mesin ikan asap modern. Mesin pengasapan modern ini bisa Anda dapatkan dengan mudah secara online ataupun datang langsung ke sentra pembuatannya. Sekarang ini sudah ada pabrik yang membuat oven asap dengan menggunakan bahan bakar gas elpiji. Dilihat dari bahan bakar yang digunakan tentu saja mesin ini lebih canggih dan lebih cepat dalam melakukan pengasapan ikan.
Previous Post
Next Post