Harga Ikan Asap di Pasaran

Harga ikan asap bisa dikatakan lebih tinggi dari pada harga ikan segar di pasaran. Namun selisih harga ini sebanding dengan perubahan rasa yang didapatkan. Setelah ikan diasapi, rasa ikan akan berubah menjadi lebih sedap dan memiliki aroma khusus yang khas. Aroma ini akan membedakan jenis pengasapan yang dilakukan dan bahan yang digunakan untuk pengasapan. Selain itu, ikan asap beraroma khas juga akan lebih sedap bila dimasak.

Ikan Asap
Lihat Juga : Harga Ikan Salai Palembang
Pada mulanya ikan asap digunakan untuk mengawetkan ikan yang ditangkap dalam jumlah yang terlalu banyak. Pengasapan ikan ini dilakukan sehingga ikan akan lebih awet dan tahan lebih lama. Cara pengawetan ikan yang lain, misalkan dengan diasinkan menjadi ikan asin. Harga ikan asin juga lumayan, tergantung pada jenis ikannya. Namun cara ini sangat tergantung pada cuaca karena adanya proses penjemuran. Sementara itu, ikan asap tidak membutuhkan proses penjemuran. Cara pengasapan ikan membuat kekuatan bertahan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Semakin kering ikan diasap akan semakin tahan lebih lama. Selain tahan lebih lama dibanding ikan segar, harga ikan asap tergolong lebih tinggi.

Pengasapan ikan dengan cara tradisional memang tidak begitu sulit. Namun cara tersebut membutuhkan keuletan dan ketekunan yang sangat tinggi, sehingga akan menghasilkan kualitas ikan asap yang baik. Ikan asap dengan kualitas yang baik akan dibuat dari ikan segar yang baru dipanen atau ditangkap. Setelah dibersihkan isi perut dan di cuci bersih, ikan kemudian ditata dipanggangan ikan kemudian diasapi. Untuk mengasapi ini menggunakan batok kelapa yang di bakar. Penggunaan batok kelapa dilakukan karena akan memberikan aroma yang khas terhadap ikan yang diasapi sehingga menjadi ikan asap yang sedap. 

Proses pengasapan ikan ini akan menurunkan berat ikan menjadi 25 persen lebih ringan. Dari 1 kg ikan segar, setelah diasapi akan menjadi 0,75 kg saja. Hal ini membuat seolah harga ikan salai menjadi lebih tinggi. Untuk mendapatkan waktu penyimpanan ikan yang lebih lama, ikan bisa diasap lebih lama lagi. Namun hal itu tentu saja akan membuat beratnya semakin berkurang. Sehingga akan mempengaruhi harga ikan asap itu sendiri. Pemesanan Ikan Asap dan harga ikan salai bisa anda peroleh melalui sms / WA di 0813-7305-6600 (Ismail - Palembang). 

Selain berpengaruh pada harga ikan asap, tingkat kekeringan dalam mengasapi juga akan berpengaruh terhadap cara memasak ikan. Ikan asap yang terlalu kering akan memiliki tekstur yang lebih keras dan sangat tidak empuk. Sehingga akan memerlukan perlakuan khusus dalam memasak ikan asap kering agar lunak saat dikonsumsi.

Harga ikan segar, seperti mujair antara Rp. 18.000,00 sampai Rp. 23.000,00 per kilogramnya. Setelah melalui pengasapan, maka harga ikan asap bisa menjadi Rp. 148.000,00 sampai Rp. 150.000,00 per kilogramnya. Meskipun harga menjadi ratusan persen lebih mahal, namun rata-rata keuntungan dari pengasapan ikan sekitar 35 persen saja. Hal ini karena harus di potong biaya pengasapan dan transportasi.