Cara Membuat Ikan Asap Lele Yang Mudah

Cara membuat ikan asap lele dapat dikatakan cukup mudah jika menggunakan alat yang biasa digunakan untuk pengasapan. Tetapi, jika Anda tidak memilikinya, maka Anda juga dapat menggunakan cara manual yang mungkin terkesan cukup rumit tetapi sebenarnya juga mudah dilakukan. Tidak ada salahnya jika menggunakan alat pengasapan sederhana sendiri yang tentunya akan terjangkau dalam harga belinya dan juga akan membuat lebih hemat pengeluaran. 
Cara Membuat Ikan Asap Lele
Lihat Juga : Vidio Cara Membuat Ikan Salai
Mungkin setelah Anda cukup mahir dalam cara membuat ikan asap lele, Anda dapat melakukan proses pengolahan ikan asap lele ini menjadi berbagai macam menu masakan yang tentunya sedap. Dengan mengolah sendiri tentunya akan menambah keuntungan untuk Anda. Terlebih lagi jika Anda tertarik untuk mengembangkan bisnis ikan asap lele yang untuk saat ini masih terbilang cukup sedikit daya saingnya. Pemesanan Ikan Asap dan harga ikan salai bisa anda peroleh melalui sms / WA di 0813-7305-6600 (Ismail - Palembang). Berikut ini adalah cara membuatnya: 

Bahan-bahan:
  • 8 kg ikan lele segar
  • 1¼ kg garam
  • 5 liter air

Cara pembuatan:

  • Cara membuat ikan asap lele yang pertama kali harus dilakukan adalah membelah ikan lele menjadi dua bagian tetapi jangan sampai terpisah badannya. Jika sudah dibelah, tahap selanjutnya adalah membersihkan isi perut dan insangnya dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Jika sudah dibersihkan maka dapat langsung ditiriskan.
  • Buat terlebih dahulu larutan garamnya dengan perbandingan 20-25%. Dimana untuk kapasitas 8 kg ikan lele sebaiknya menggunakan 5 liter air yang dicampurkan dengan garam sebanyak 1¼ kg. Jika larutan garam ini sudah selesai, maka Anda dapat melakukan proses perendaman ikan lele ke dalam larutan garam tersebut selama 30 hingga 60 menit sembari diberikan pemberat di bagian atas ikan agar ikan tidak mengapung.
  • Cara membuat ikan asap lele belum selesai. Tahap selanjutnya adalah mencuci kembali ikan lele tersebut menggunakan air bersih yang mengalir dan tiriskan sambil diangin-anginkan hingga permukaan ikan menjadi lebih kering. Anda dapat melakukan penggantungan ikan lele untuk membantu proses penirisan ini.
  • Tahap selanjutnya adalah tahap pengasapan yang sebaiknya menggunakan batok kelapa atau kayu bakar yang tidak bergetah dengan asap bagus. Jika asap sudah memiliki temperatur ruang 60 hingga 70 C, maka dapat segera mengatur ikan lele di rak pengasapan hingga ikan matang dan juga berwarna kuning kecokelatan. Jika sudah, maka ikan dapat segera dikeluarkan dari rumah asap dan tunggu hingga dingin sebelum mengemasnya. Ikan lele asap ini siap untuk diolah kembali.
Cara membuat ikan asap lele ini memang terbilang cukuplah mudah tetapi untuk orang yang pertama kali belajar bagaimana cara membuat ikan asap dengan menggunakan bahan ikan lele mungkin akan menjadi tantangan tersendiri. Namun, proses pembuatannya ini terbilang cukuplah mudah dilakukan sehingga untuk Anda yang baru pertama kali melakukan proses pengasapan ini dapat belajar sehingga untuk ke depannya dapat menjadikan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi jika menggunakan berbagai macam ikan yang tentunya akan semakin menambah variasi.
Previous Post
Next Post